img-detail-news

Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

Rabu (8/6) telah dilaksanakan webinar “Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan” dengan tema Revitalisasi Nilai-Nilai Patriotisme di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pelopor Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Peserta webinar adalah mahasiswa semester 2 yang sedang menempuh mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan ditambah panitia penyelenggara webinar total sebanyak 587 orang. 

Webinar dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Agus Budi Santoso SH MH, kemudian acara webinar dipandu oleh dosen Prodi Hukum Ibu Ajeng Risnawati S.H.M.H ( Moderator). Dua pemateri dari akademisi Dr. Megawati, S.H., M.Hum (Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta) kemudian Letkol Infanteri Lukman Hakim,  S.Sos., M.Si  (Komandan Kodim 0708 Purworejo) yang mewakili dari sudut pandang praktisi, menyampaikan materi secara bergantian dengan waktu 45 menit dan selanjutnya disambung dengan diskusi interaktif antara Pemateri dengan peserta webinar ( Mahasiswa Pkn).

Bela negara adalah sebuah konsep tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok, atau seluruh komponen dari suatu negara. Secara fisik dapat diartikan sebagai usaha pertahanan dari segala bentuk AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan) terhadap eksistensi negara tersebut. Secara nonfisik, bela negara dapat diartikan sebagai peran aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial, dan lain sebagainya. Dengan demikian bela negara menjadi wajib untuk setiap profesi apapun.

Bela negara sebagai kewajiban dasar bagi setiap warga negara yang penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban kepada negara dan bangsa. Mahasiswa merupakan bagian dari warga negara yang memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan negara yang disesuaikan dengan perannya sebagai agen perubahan dan agen pembangunan. Kegiatan bela negara bagi mahasiswa diperlukan untuk pembinaan karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi ancaman, seperti; penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam, konflik antar mahasiswa dan penyebaran penyakit menular. Kegiatan bela negara bagi mahasiswa baru, menjadi pionir implementasi bela negara pada level perguruan tinggi di Indonesia.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kegiatan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo menjadi penting untuk dilakukan.