img-detail-news

FIS Selenggarakan Seminar untuk Menangkal Ideologi Transnasional

Kamis (22/12/2022) di Ruang Seminar Kampus III Sucen Universitas Muhammadiyah Purworejo diselenggarakan seminar “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Ideologi Transnasional untuk Meningkatkan Rasa Kebangsaan”. Seminar dikuti oleh seluruh mahasiswa UMPurworejo angkatan 2022 dan/atau yang mengambil mata kuliah Pendidikan Pancasila sejumlah kurang lebih 1000 mahasiswa. Seminar diselenggarakan secara blanded, yaitu Luring dengan dihadiri 150 mahasiswa di  Ruang Seminar Kampus III Sucen Universitas Muhammadiyah Purworejo, sedangkan sisanya melalui zoom.

 

Pembicara dalam seminar ini adalah Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag, Rektor UMPurworejo sebagai keynote speaker, Muhammad Zaenudin dari Polres Purworejo dan Maki Zaenudin Subarkan, M.Psi.,T, dosen Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Depok.

seminar via zoom

Era globalisasi saat ini membuat banyak teknologi dan budaya dengan mudahnya dapat diakses oleh seluruh masyarakat dunia. Hal ini membuat generasi muda Indonesia banyak terpengaruh budaya barat, dan cenderung mengabaikan budaya sendiri. Bahkan seringkali generasi muda justru lebih mengagumi ideologi barat, dan banyak mengabaikan nilai-nilai Pancasila. Bahkan masyarakat cenderung memahai ideology transnasional. Ideologi Transnasional merupakan ideologi yang menyebar yang dianggap warga, di banyak negara akibat perbatasan ekonomi dan sosial antarnegara yang semakin kabur dan semakin berkembang di era digitalisasi iniInternalisasi nilai Pancasila wajib diterapkan untuk menghambat nilai transnasional, di antaranya Pancasila sebagai rujukan utama untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, memerangi radikal yang dapat memecah belah bangsa, memupuk rasa nasionalisme dan mengembangkan kepribadian bangsa dan menolak kebudayaan buruk budaya asing.

Materi terkait pentingnya menanamkan rasa kebangsaan dan menumbuhkan jiwa pancasila disampaikan oleh ketiga narasumber dengan baik. Hal ini penting disampaikan kepada mahasiswa, karena mahasiswa adalah agent of change yang diharapkan membawa perubahan yang baik di negeri ini. Oleh karena itu nilai Pancasila penting ditanamkan sejak mereka di bangku kuliah, sehingga kelak mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang sukses dan berjiwa Pancasila.